• Kamis, 1 Desember 2022

Penyebab Gempa Bumi Cianjur Dengan Magnetudo 5,6, Bukan Sesar Cimandiri

- Rabu, 23 November 2022 | 06:24 WIB
Cianjur Diterjang Gempa, Banyak Bangunan Ambruk Warga Berhamburan keluar Rumah (Screenshot )
Cianjur Diterjang Gempa, Banyak Bangunan Ambruk Warga Berhamburan keluar Rumah (Screenshot )

Lintaside.com – Gempa bumi 5,6 Cianjur masih dalam pertanyaan para ahli terkait penyebabnya, apakah karena pergeseran Sesar Cimandiri atau sesar Padalarang, namun belum bisa dipastikan penyebanya.

Berdasarkan data Badan meteorology Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di koordinat 6,86 Lintang Selatan dan 107,01 Bujur Timur, tepatnya di darat wilayah Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 11 kilometer. Jika melihat titik koordinat episenter gempa bumi, lokasinya jauh dari lintasan Sesar Cimandiri, yakni sebelah utara patahan.

Hal itu dibenarkan oleh Ahli Seismologi BMKG, Dr. Pepen Supendi. Menurutnya masih banyak Sesar Aktif yang belum terpetakan dengan baik. Jadi merujuk lokasi gempa, patut diduga bahwa pemicu gempa bumi Cianjur berasal dari sesar yang belum diketahui, dilansir dari Ayobandung.com.

Baca Juga: Terkini, Gempa Cianjur: 268 Orang Meninggal, 146 Kali Gempa Susulan

Selain Sesar Cimandiri, Pepen juga menegaskan bahwa gempa bumi Cianjur bukan dari patahan yang telah dikenal sebelumnya. Seperti Sesar Cipamingkis dan Sesar Cirata.

"Sesar Cipamingkis itu lebih ke arah Selatan dari Sesar Cimandiri bukan di tempat gempa tadi. Jaraknya gempa tadi ke Sesar Cipamingkis sangat jauh, jadi gempa tadi bisa jadi bukan akibat Sesar Cipamingkis," terang Pepen saat dihubungi.

"Sesar Cirata juga lebih ke utara dari posisi gempa tadi, jadi kemungkinan bukan dari Sesar Cirata juga. Kemungkinan bersumber dari sesar yang belum teridentifikasi," tambahnya.

Pepen menyebut sejak 50 tahun terakhir, tidak ada aktivitas gempa lebih besar dari magnitudo 5 di lokasi gempa bumi Cianjur.

"Berdasarkan data sekitar 50 tahun terakhir ini belum ada gempa bumi dengan magnetudo lebih dari 5 didaerah tersebut, tapi ada beberapa gempa kecil yang terekam," jalas Pepen.

Halaman:

Editor: Didi Setiabudi

Tags

Terkini

Wow, UMP Jawa Barat Naik Jadi 1,98 Juta Rupiah

Selasa, 29 November 2022 | 07:55 WIB

Badut Beraksi Dijalanan, Galang Dana Untuk Cianjur

Minggu, 27 November 2022 | 10:02 WIB

Tasik Bandung Berapa Jam? Simak Penjelasan Ini..

Minggu, 20 November 2022 | 12:06 WIB

Riibuan Emak-emak Sambut Anis Baswedan

Sabtu, 19 November 2022 | 14:46 WIB

Banjir Rumah Sakit, Langganan Yang Tidak Diperhatikan

Jumat, 18 November 2022 | 21:04 WIB
X